Wisata ke Pantai Punaga

Sebelumnya saya telah menceritakan tentang keindahan Pantai Puntondo. Nah, sekarang saya ingin membahas tentang keindahan Pantai Punaga. Satu lagi kawasan wisata yang berada di sebelah selatan kota Makassar. Tepatnya di Desa Punaga, Kelurahan Cikoang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Jadi, ini adalah sebuah pantai, Ya.. hanya sebuah pantai, tapi bukan sembarang pantai! Pantai ini bernama Pantai Punaga. Diambil dari nama kawasan tersebut yang kebetulan bernama desa Punaga. Tidak seperti Puntondo, Pantai Punaga memiliki ciri khasnya sendiri. Kesan pertama jika anda main kesini, anda akan merasa takjub dengan pemandangan alam yang disajikan. Pasir putih, pohon yang rindang, batu karang, aneka biota laut, semuanya menjadi nilai plus dari pantai ini.

Jadi anda tidak akan buru-buru mau angkat kaki dari tempat ini. Apalagi kalo anda ngeliat pemandangan matahari terbenam (this is something a great moment dude!). Yakin ainul yakin anda hanya terpukau dan bisa berkata, "Wow"!

Anyway tanpa sungkan saya sempat ngambil beberapa view dari Pantai Punaga seperti apa. Yuk langsung kita simak di TKP, cekidot!

berikut penampakan tanjung di Pantai Punaga












ini masih daerah batu karang, banyak ganggang hijaunya disini






bocah ini lagi kurang kerjaan, jangan ditiru! :P



pasir putih







ini pemandangan diatas tanjung






deretan perahu nelayan, jarang-jarang nih ada pemandangan kayak gini!


-->

Trus kalo sampe sana mau ngapain?

Berenang? Bisa. (but becareful, banyak batu karang didasarnya! :P)

Snorkling? Bisa.

Mancing? Juga bisa.

Hunting foto? Apalagi...

Apa aja deh, yang jelas banyak lokasi yang keren nan eksotis tersebar di pantai ini. Masalah Fasilitas? Tenang, Beberapa villa juga sudah berdiri di pantai ini, ada juga kamar mandi dan fasilitas air tawar. Masalah tiket masuk? jangan khawatir! anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias GRATIS! Sebab Pantai ini masih bebas dari pajak daerah dan belum termasuk kawasan wisata resmi di Kabupaten Takalar.

By the way berbicara masalah daerah sekitar pantai, ternyata pantai ini juga berpenghuni loh. Menurut info yang saya terima, kurang lebih sekitar 80 kepala keluarga bermukim di area sekitar pantai. Mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan, petani rumput laut, dan tukang kebun. Sayangnya ada hal yang membuat saya miris dengan pantai ini. Kurangnya perhatian dari pemerintah setempat justru membuat Pantai Punaga masih undiscovered dan tidak terawat. Parahnya akses jalan masuk serta rendahnya kualitas hidup masyarakat kian membuat saya makin prihatin. Seharusnya pemda setempat mampu memfasilitasi dan memberdayakan Pantai Punaga sebagai kawasan wisata lokal, disisi lain mampu mengembangkan perekonomian masyarakat sekitar. Dan saya rasa suatu saat Pantai Punaga pun mampu disejajarkan dengan kawasan wisata lainnya. Toh selain masyarakat, pemda juga yang akan diuntungkan bukan? Olehnya saya berharap kedepan, semoga para muspida pemda Takalar bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi uneg-uneg saya selama ini sehingga bisa membuahkan solusi yang pas buat penyelesaian masalah ini.

Terakhir, sebelum saya tutup, saya bakal ngasih tips bermanfaat bila anda berkunjung ke pantai ini. Nah berikut uraiannya, here we go!

1. Villa sekitar masih milik pribadi, jadi untuk menyewa penginapan harus meminta restu dari sang pemilik (haha... ya iyalah...).

2. Sediakan ongkos yang cukup (kira-kira sekitar 100 ribu - 1 jutaan - ehem, jangan nelan ludah...).

3. Bawalah perlengkapan seperti pakaian, makanan, peralatan menyelam, kotak P3K, alat masak memasak, tenda dan kayu bakar (loh, ini mau kemah apa rekreasi ya?). :P

4. Kamera! jangan lupa bawa item yang satu ini - yang hobi moto ato dipoto wajib!

5. Jangan kencing sembarang tempat! (ada WC kok, ntar kualat!)

6. Jangan mengotori, merusak, dan mengusik kawasan Pantai. Hormatilah penduduk sekitar!

7. Dan Utamakanlah faktor keselamatan masing2, ok! :-)

Mungkin seperti itulah akhir dari postingan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

salam damai dari penulis :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar